Selasa, 18 Oktober 2011

Jenis-jenis Anthurium

Banyak jenis Anthurium. Biasanya dibedakan berdasarkan bentuk daunnya. berikut ini diantara beberapa jenis anthurium yang terkenal di Indonesia.

Doc. dwipamnursery.blogspot.com
Anthurium Jenmanii
Anthurium ini bentuk daunnya mirip daun tembakau. Teksturnya keras dan tebal, bertangkai pendek, lebar dan panjang, urat daun tampak jelas dan tepi daun agak bergelombang. Daun muda sedikit agak merah, sedangkan bila sudah tua berwarna hijau. Julukan Sang Raja Anthurium Daun pantas disandang oleh Anthurium jenmanii. Mengapa? Selain berkat penampilannya yang elegan, kokoh, dan berwibawa, Anthurium jenmanii juga menduduki tahta tertinggi di jagad bisnis anthurium daun berkat harganya yang tetap tinggi di tengah sederet nama anthurium lain.

Anthurium Gelombang Cinta
Anthurium Gelombang Cinta juga beken dengan nama wafe of love. Anthurium gelumbang cinta murni memiliki ciri daunnya tebal, lonjong panjang, berujung runcing, dan tepinya bergelombang. Gelombang yang indah di tepi daun inilah yang manjadi ciri utamanya. Permukaan daun berwarna hijau mengilap, panjang daun bisa mencapai satu meter dan lebar bisa mencapai 10 - 30 centimeter tangkai daun pendek dan kekar, seludang bunga dan tongkol berwarna ungu. 


Anthurium Hookerii
Jenis ini dikenal dengan sebutan anthurium    sarang burung karena susunan daunnya tumbuh seperti sarang burung. Semakin ke atas, daunnya melebar, dan cenderung rebah. Tangkai daunny pendek, kaku, tebal, dan berwarna gelap. Daunnya halus tidak berbulu, berwarna hijau muda mengilap dan tebal. Ketebalan daun bervariasi, mulai dari yang tipis hingga tebal. Pinggiran daun agak bergelombang dengan urat-urat daun tampak menonjol. Lebar daun mencapai 35 cm dengan panjang mencapai 60 cm. Anthurium ini ada yang bertangkai hijau dan bertangkai merah.

Anthurium corong
corong stang pendek
Kekhasan anthurium ini adalah bentuk daunnya melekuk ke bawah (cekung) mirip corong. Sudut-sudut di pangkal daunnya lebih dalam. Daunnya berbentuk jantung hati, tetapi tidak begitu tegas karena sedikit bergelombang. Pada pangkal daun terdapat tulang daun yang keras dan bercabang tiga. Bentuk daunnya mengikuti bentuk tulang. Tangkai daun ada yang pendek dan ada yang panjang. Urat daun seolah-olah menyebar dari tengah-tengah daun. Pinggir hingga ujung daun berwarna cokelat. Jenis yang lebih unik adalah anthuriun corong bibir merah yang tepi daunnya berwarna merah.



Anthurium keris



giant keriskeris 4
Daun anthuriun ini berlekuk-lekuk secara teratur, mulai dari pangkal hingga ujung daun mirip keris. Ukuran daun bervariasi, mulai dari sempit hingga lebar dengan posisi tegak ke atas. Daunnya tebal dengan panjang bisa mencapai 2,5m. Di pasaran terdapat dua kualitas atau kelas yang sering dikenal dengan istilah kw (kualitas) 1 dan 2. Kelas atau kw 1 memiliki ciri daun lebih tipis,  berwarna kebiru-biruan, dan berdiri tegak. Kelas atau kw 2 dicirikan dengan  ukuran daun lebih lebar dan daunnya agak rebah.



Source: Majalah Kartini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar